Brokoli Saus Tiram

Thursday, February 18, 2010
lagi males baca buku-buku berat....akhirnya gue menemukan buku menu masakan sesuai golongan darah...enaknya buku ini menunya udah disesuain dengan bumbu-bumbu and sayuran yang ada di indonesia jadi bumbunya ga macem-macem..di dalemnya ada satu menu yang paling gue suka yaitu brokoli saus tiram.. di buku ini sih dibilangnya cocok untuk orang dengan golongan darah A tapi menurut gue ga ada salahnya di coba buat temen-temen dengan golongan darah yang lain coz menurut buku yang udah gue pernah baca brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang cocok untuk semua golongan darah.

berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan serta cara memasaknya:

bahan:
brokoli, potong menurut kuntum 350gr
minyak goreng 2 sdm
bawang putih, cincang 5 siung
saos tiram 3 sdm
lada halus 1/4 sdt
gula pasir 1/2 sdt
tepung maizena larutkan
dalam 2 sdt air
air 150 ml

cara membuat:
1. rebus brokoli sampai matang kemudian tiriskan (hati-hati ngerebusnya jangan kelamaan coz klo kelamaan brokolinya layu dan kandungan vitamin yang didalamnya pun menjadi rusak)
2. panaskan minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum dan bewarna kecoklatan, setelah itu masukkan saus tiram, lada halus, gula pasir, dan air, setelah mendidih masukkan tepung maizena yang sudah dicampur dengan air, masak hingga mengental.
3. tata brokoli yang sudah di tiriskan di atas piring kemudian siram brokoli dengan saus tiram. sajikan selagi hangat
untuk 4 porsi

dulu gue sering buat menu ini klo lagi males masak coz menu ini masaknya gampang plus sehat, cuma bedanya klo dulu gue ngerebus brokoli bareng ma bumbu-bumbunya. tapi setelah gue coba masak dengan cara terpisah seperti yang udah dijelasin diatas ternyata jadi lebih enak.. he he he
buat kalian yang mau bereksperimen dengan menu ini bisa ditambahin wortel yang udah direbus juga atau di tambahin jamur yang dimasak bareng ma bumbunya..jenis jamur yang biasa gue pake adalah jamur shittake yang rasanya kaya jengkol (menurut gue.. ) atau mau ditambahin ma udang or cumi basah juga boleh pokoknya sekreatif kalian aja mau nambahin bahan apa aja cuma klo jadi ga enak gue ga tanggung..

selamat mencoba!! milkysmile

1 comment:

Post a Comment