Hari Penentuan

Sunday, April 11, 2010
selesai sudah ujian masuk universitas indonesia hari ini..
ribuan calon mahasiswa menaruh harapan untuk bisa diterima di universitas "kuning" ini termasuk juga gue..
dengan persiapan yang serba mepet.. gue hadapi ujian hari ini..
emang dasar indo banget dah gue.. belajarnya cuma dua hari sebelum ujian..
saat ini gue cuma mau bilang Alhamdulillah dan pasrah terhadap hasil ujian..
ada dua jenis tes hari ini. pertama tes TPA kedua tes B.ing..
untuk tes TPA, Alhamdulillah lumayan lancar.. ini juga berkat petunjuk Allah SWT
gue mo sedikit cerita neh mengenai tes TPA hehehe
waktu gue daftar SIMAK UI gue liat tesnya TPA jadi mulai searching lah gue di internet, buku, tanya-tanya ma yang udah pernah ikut tes,,, kaya apa sih tes nya penasaran abis gue,,, yah..karena ga dapet info yang spesifik akhirnya cuma gue pelajari aja dari buku..pas gue liat tesnya macem-macem lah jenisnya..yah sekedar persiapan gue coba aja kerjain mulai dari sinonim,antonim,padanan kata, gambar, hitung, logika, dlll...
singkat cerita... waktu itu gue ke ui salemba mo menemui dosen gue.. pulang dari ketemu dosen eh hujan lebat..yah ga bisa pulang deh secara.. cuma naik kendaraan roda dua, yo wis akhirnya daripada ga jelas nungguin ujan reda.."teman" ku mengajak ke toko buku ui..yang ga jauh dari lab material dengan harapan sapa tau ketemu buku ok
pas masuk sepi euyy dan bukunya banyakan tentang ekonomi yang gak gue ngerti...
karena udah masuk dan ga enak ma penjaga toko (sekalian nyenengin hati) yah diliat-liat aja deh bukunya meski ga ngeeertiii
tiba-tiba....
dibagian sudut toko ada lemari kaca kaya etalase gitu, gue liat dibagian paling bawah ada buku warnanya kuning, tebel, hasil fotocopy-an, tulisannya TPA dan B.inggris untuk program pasca sarjana UI.... hah dalam sekejap langsung menarik perhatian gue.. langsung aja gue bilang ke penjaganya.. "pa boleh ga buku ni diliat dalemnya" secara pintunya di kunci...
untungnya si bapak baik hati.. pas gue liat terbesit keraguan bener ga yah soalnya kaya gini.. karena gue liat di luar banyak juga yang jual buku-buku tpa yang bilangnya soal-soal masuk ui tapi pas gue liat.. yah ini sih kaya fotocopy buku.. masa isinya sama kaya buku yang gue punya.!!
gara-gara kurang yakin gue beraniin nanya ke penjaganya..
gue : "pa beneran soalnya model kaya gini"
bapak penjaga : "iya" (singkat banget..)
gue : "berapa harganya pak?"
bapak penjaga : "70rb"
gue : " 70 rb???" (dalam hati "mahal banget yah padahal cuma fotocopy-an yang klo difotocopy sendiri paling mahal 30rb ckckck")
ga tau apa yang menggerakkan gue tuk tetap memebeli buku itu meski harganya mahal..
setelah membeli buku bapak itu bilang "semoga sukses ya" amiinnn
nyampe dirumah gue coba aja buat ngerjain.....

dan ternyata...

soalnya banyak yang diambil dari buku itu..khusus padanan kata banyak yang sama..klo untuk soal yang lain hampir mirip tipenya beda-beda tipis
intinya gue ga nyesel beli buku itu meski harganya mahal..
sekali lagi Allah maha petunjuk...Subhanallah

yang gue sesali adalah
gue ga mempelajari bahasa inggris dari buku itu..karena soal-soal ui main di vocab ..nah tu dia masalahnya.. vocab gue kurang banget.. jadilah gue agak lama mahamin soal yang bikin berasa waktunya jadi cepet banget
ngerjainnya dah bener-bener pake feeling doang ga tau dah bener pa ga
ampe rumah kepikiran terus jadi ga tenang coz ga puas ma hasil ujian b.ing-nya.

pulang ke rumah baca buku The Miracle of Giving karya ustad Yusuf Mansur, didalam buku itu gue nemuin kalimat "Orang-orang mukmin mengenali seluruh peristiwa sebagai kehendak Allah" baca buku ini bikin gue lebih tenang dan pasrah terhadap hasil ujian..
yang gue yakini sekarang ..Jika Allah menghendaki gue bisa masuk UI tahun ini gue pasti bisa masuk..dan kalaupun gue ga keterima tahun ini,, mungkin memang belom saatnya gue masuk UI, dan gue akan coba lagi di tahun berikutnya.. semua ini gue yakini karena gue percaya Allah punya rencana terbaik bagi setiap hambanya tinggal bagaimana kita bisa peka terhadap berbagai petunjuknya..

ujian memang berakhir hari ni
tapi SEMANGAT tidak boleh padam
banyak hal luar biasa yang bisa kita dikerjakan
AYO FRILLA SEMANGATT!!!
KAMU BISA
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

No comments:

Post a Comment