kapan sebaiknya minum air??

Tuesday, April 27, 2010

hmmm belakangan ini lagi seneng baca buku kesehatan, mungkin ngerasa badan sekarang kurang fit… kenapa ya??? apa karena gue udah ga banyak begerak ya.. secara sekarang gue dirumah dan kerjaan gue cuma ngajar ma ngutak-ngutik komputer.. bisa bosen i lama-lama kaya gini.. ckckck. rutinitas gue berubah total selama gue di rumah..

udah jarang oleh raga ((padahal dulu juga engga hahahahh)).. makan udah jadi ga teratur.. ckckckckckkc haduh gawat neh..mesti berubah… BERUBAH.. lho ko jadi kaya kesatria baja hitam wkwkwk

belom lama ini gue membeli buku kesehatan karya Hiromi Shinya, MD yang berjudul The Miracle of Enzym..dah lama sebenernya gue pengen beli buku ini cuma baru kesampean sekarang.. gue beli pas gramedia kelapa gading ngasih diskon 30% hehehe lumayan sisanya bisa buat beli buku yang lain…

gue tertarik ma buku ini gara-gara pas pertama kali baca di gramedia, gue baca tentang kurang baiknya susu…whooooaaa baru ini buku yang gue baca bilang klo susu itu kurang baik secara sejibun-jibun buku bilang klo susu itu baik bagi kesehatan manusia.. penasaran abiss..tapi gara-gara duit di kantong ga cukup jadinya cuma bisa baca gretongan di sudut gramedia matraman..hahahaha ga pa pa yang penting sekarang udah kesampean..

pembahasan di buku ini,, menurut gue lebih menekankan bagaimana makanan dan minuman yang kita konsumsi tiap hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita dan yang lebih utama adalah pola makan.. jadi kita harus mengelola makanan, minuman serta pola makan kita sehari-hari agar bisa tetap sehat.. karena menurut beliau banyak orang merasa dirinya sehat karena sedang tidak merasa sakit padahal kebanyakan orang-orang ini sebenarnya berasa dalam suatu kondisi yang tidak sehat namun juga tidak sakit, perlu ditekankan bahwa sehat bukan berarti tidak sakit dan dalam buku ini diistilahkan dengan “penyakit dorman”.. sebenarnya baru sedikit yang gue baca dari buku ini.. kalo gue lihat-lihat prinsipnya hampir sama sedang metode food combining yang udah gue posting sebelumnya dimana kita harus mengatur pola makan berdasarkan karakteristik sistem pencernaan kita..bedanya hanya dalam buku ini lebih menekankan kepada enzim.. yaitu katalis protein yang dibuat dalam sel makhluk hidup..

setelah membaca beberapa halaman baru gue tau ternyata minum air putih juga ada aturannya.. heehheh telat yak gue.. ga papa deh daripada ga tau sama sekali.. ok kita mulai pembahasan hari inj….lho ko kaya mo kuliah…wkwkwkwk

    

pertama-tama gue mo bahas apa aja sih fungsi utama dari air yang kita minum tiap hari.dan perlu diingat adalah air yang diminum benar-benar air yang bening dan jernih bukan minuman seperti teh, kopi, susu, dll. Nah air ini memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  • meningkatkan aliran sistem pencernaan maupun aliran cairan darah dan getah bening
  • menyediakan nutrisi serta menerima dan membuang kotoran dari ke 60 triliun sel tubuh
  • menguraikan radikal bebas
  • sebagai media yang membawa nutrisi-nutirisi seperti vitamin dan mineral untuk ditransportasikan.
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

pada manusia, jika air tidak dapat didistribusikan secara merata, orang itu tidak hanya akan kekurangan gizi, kotoran dan racun juga akan terakumulasi di dalam sel dan tidak dapat diekskresikan. kemungkinan terburuk yaitu racun yang terakumulasi akan merusak gen sel-sel tersebut, dan menyebabkan sebagian sel berubah menjadi sel-sel kanker.

manusia membutuhkan kira-kira 6-8 gelas air/hari bagi orang dewasa dan 5 gelas air/hari untuk lansia. banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda bergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan perlu ditentukan oleh apa yang dianggap sesuai utnuk tubuh seseorang.

dalam udara dingin, hangatkanlah air dan kemudian minumlah dengan perlahan. minum air dingin akan mendinginkan tubuh. Disebutkan bahwa suhu tubuh saat enzim menjadi  paling aktif adalah sekitar 36-40oC. terlebih lagi, jika suhu tubuh meningkat 1oC saja dalam batasan ini, dikabarkan bahwa sistem kekebalan tubuh meningkat keefektifannya sebesar 35%. doktor Hiromi Shinya mempercayai bahwa demam yang terjadi saat penyakit melanda adalah bagian dari pertahanan alami tubuh karena meningkatnya suhu tubuh mengaktifkan enzim-enzim ini.

jika minum banyak air, anda akan semakin sulit jatuh sakit. Saat air melembabkan area-area dalam tubuh yang paling mduah diserang oleh bakteri dan virus, seperti daerah bronkus serta mukosa lambung dan usus, sistem kekebalan tubuh pun terkativasi sehingga menyebabkan area-area tersebut sulit diserang oleh virus. Sebaliknya, jika air yang dikonsumsi kurang banyak, membran mukus pada bronkus akan mengalami dehidrasi dan mengering. Dahak dan lendir diproduksi dalam bronkus, tetapi jika tidak ada air yang cukup, dahak dan lendir akan menempel pada bronkus sehingga menjadi tempat berkembang biak bakteri dan virus.

sering orang berkata bahwa sebaiknya kita minum banyak air setiap hari baik untuk kesehatan. Sama halnya ada waktu yang baik untuk makan, ada pula waktu yang baik untuk minum.

Jadi kapankah waktu yang tepat untuk minum air?

jika mengkonsumsi terlalu banyak air tepat sebelum makan, lambung menjadi penuh sehingga anda kehilangan nafsu makan. dan jika anda minum air saat makan, air akan mengencerkan enzim-enzim pencernaan dalam lambung sehingga pencernaan dan penyerapan makanan menjadi lebih sulit. oleh karena itu, jika harus minum air saat makakn sebaiknya menghindari minum lebih dari satu gelas setiap kali makan.

terkadang kita sering mendengar saran untuk minum air sebelum tidur atau saat terbangun di malam hari untuk mencega darah mengental, namun menurut Guru Besar Hiromi Shinya hal ini dapat menyebabkan terjadinya aliran balik. Bahkan walaupun hanya air, jika bercampur dengan asam lambung, memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru, maka kita akan menghadapi resiko menderita Pneumonia.

cara ideal untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita adalah dengan minum air setelah bangun tidur pada pagi hari dan satu jam sebelum setiap kali makan. jika yang diminum hanya air, air akan mengalir dari lambung menuju usus dalam 30 menit, dan oleh karena itu, tidak akan menghambat pencernaan ataupun penyerapan.

waktu yang baik

  • 1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
  • 2-3 gelas 1 jam sebelum makan siang
  • 2-3 gelas 1 jam sebelum makan malam

tentu saja ini hanya salah satu cara untuk melakukannya. Pada musim panas, semua rang memrlukan lebih banyak air, terutama mereka yang banyak berkeringat. Namun orang-orang yang memiliki sistem pencernaan yang lemah dapat mengalami diare jika terlalu banyak minum air.

sumber:

buku The Miracle of Enzym karya Hiromi Shinya, MD penerbit Qanita

3 comments:

Anonymous said...

bagus banged!!!! suka banged bacanya. Soalnya selama di Jepang ini gue banyak minum air, jadi alhamdulillah belum pernah sakit yg gimana2. Waktu itu mau flu tp ga jadi, cuma kena pilek seharian doang terus sehat lagi. Tulis lagi lebih dalam fri. Oia dan gue suka minum air sebelum tdur dan gue mulai tdur jam 4 pagi setelah shalay subuh(waktu solat subuh skrg jam 3:39)

Frilla Renty Tama Saputra said...

oke dech hani.. nanti diposting lagi yang lainnya.. tunggu aja yah

Anonymous said...

nice...........

Post a Comment